Rabu, 18 Desember 2013

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (besaran dan satuan)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                             : SMP Negeri 52 Palembang
Mata Pelajaran                   : FISIKA/IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas /Semester                 : VII / GANJIL
Materi Pokok                     : Besaran dan Satuan
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 menit
A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.       Mendefinisikan pengertian pengukuran dengan tepat.
2.       Membedakan besaran pokok dan besaran turunan dengan tepat.
3.       Mengetahui bagian-bagian alat ukur, seperti pada jangka sorong dan mikrometer sekrup.
4.       Menggunakan janga sorong dan micrometer sekrup dengan benar.
5.       Membaca skal perhitungan yang ada pada jangka sorong dan micrometer sekrup dengan baik.
B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
      Indikator:
      Mengagumi kebesaran dan kekuasaan Tuhan bahwa setiap zat yang diciptakan-Nya memiliki ciri khusus dan memiliki keistimewaan.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,percobaan, dan berdiskusi.
      Indikator:
a.      Memiliki rasa ingin tahu yang besar dalam pengetahuan.
b.      Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3.1  Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
      Indikator:
      Memiliki tingkat ketelitian yang tinggi baik dalam melakukan pengukuran maupun dalam perhitungan.
C.    MATERI PEMBELAJARAN
Besaran dan Satuan, 2 konsep mendasar ini sebenarnya haruslah kita pahami terlebih dahulu dalam suatu kegiatan pengukuran atau lebih jauh lagi kalibrasi. Meskipun hal ini bisa dibilang sederhana dan mungkin sudah diulas pada waktu kita duduk di bangku SMP di dalam pelajaran fisika tidak ada salahnya jika kita kembali merefresh mengenai makna dari 2 kata ini.
Besaran berdasarkan definisi diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat dihitung atau diukur dengan nilai / angka, dan tentunya mempunyai satuan. Ketiga point yang saya garis bawahi tersebut merupakan hal wajib dimiliki dari suatu besaran. Jika tidak, maka tidak dapat dikategorikan sebagai besaran. Setiap besaran mempunyai satuan yang unik, dimana tidakh mungkin dari 2 besaran yang berlainan mempunyai satuan yang sama.
Didalam ilmu fisika besaran itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Besaran pokok
Besaran pokok merupakan besaran yang berdiri sendiri dimana satuannya didefinisikan terlebih dahulu serta tidak tergantung satu sama lain.
Sistem mutu metrik yang menjadi tulang punggung sistem satuan internasional (SI) menetapkan 7 besaran pokok yang bisa dilihat pada tabel dibawah ini.
besaran dan satuan
2. Besaran Turunan
Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok yang sudah didefinisikan diatas.
Tabel dibawah ini merupakan contoh besaran turunan serta satuan dasarnya dimana dari satuan dasar tersebut diharapkan teman-teman langsung dapat mengenali dari besaran pokok apa saja besaran turunan tersebut didapatkan.
besaran turunan
Kita ambil contoh besaran turunan “LUAS”
Luas mempunyai satuan dasar meter persegi yang didapatkan dari hasil perkalian panjang dan lebar. Sehingga luas ini bisa dikatakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok panjang.
Contoh lain adalah kecepatan yang merupakan hasil bagi antara jarak (besaran pokok panjang) dengan waktu (besaran pokok waktu) atau bisa dikatakan kecepatan merupakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu.
D.   MODEL/METODE PEMBELAJARAN
1.       Model                    :  
Direct Instruction (DI)
Cooperative Learning
2.       Pendekatan        :   Keterampilan Proses.
3.       Strategi                 :  Cooperative Learning .
4.       Metode                :  Ceramah, Demontrasi, Eksperimen dan Diskusi.

E.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
a. Powerpoint (terlampir)
b.  Charta
3. Sumber Belajar
a. Buku Siswa
b. Lembar Kerja Siswa (LKS)

F.    SKENARIO/LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Tahap (Fase)
Rincian Kegiatan
Ket /
Alokasi Waktu
1

Kegiatan Awal

Pendahuluan
§  ORIENTASI:
-          Guru memberikan salam kepada peserta didik.
-          Guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai.
-          Guru mengabsen peserta didik yang hadir

§  TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menginformasikan ruang lingkup materi yang akan dibahas.
Membuat siswa aktif dan berfikir kritis. 

± 10 menit
2
Kegiatan Inti

Kegiatan Inti:
§  Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengukuran.
§  Guru menjelaskan kepada siswa mengenai besaran turunan dan besarn pokok.
§  Guru menjelaskan bagian-bagian dari mistar dan tingkat ketelitiannya.
§  Guru menjelaskan bagian-bagian dari jangka sorong dan tingkat ketelitiannya.
§  Guru menjelaskan bagian-bagian dari mikrometer sekrup dan tingkat ketelitiannya.
§  Guru mendemonstrasikan cara menggunakan mistar (penggaris), jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 atau 4 siswa.
§  Guru mempersilahkan siswa untuk memulai praktikum GLBB berdasarkan langka kerja dari Lembar Kerja Siswa (LKS).
§  Siswa melaksanakan percobaan berdasarkan Langkah Percobaan yang telah di persiapkan oleh guru.
§  Guru mengawasi jalannya percobaan, menjadi pembimbing siswa dalam melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan siswa yang belum mengerti.
§  Siswa diberi tugas mengisi tabel pengamatan dan mengisi analisis data yang telah di sedia kan dalam
 (± 50 menit)
3
Tahap Konfirmasi
Evaluation

§  Guru memberitahukan kepada siswa bahwa waktu percobaan sudah habis.
§  Siswa disuruh menuliskan hasil pengamatannya di depan  kelas.
§  Salah satu siswa maju ke depan kelas dan kemudian menjelaskan secara sekilas kesimpulan yang mereka dapatkan.
§  Guru membahas kembali percobaan yang telah dilakukan oleh siswa.
§  Guru dan siswa  bersama-sama menyimpulkan hasil percobaan yang sudah dilakukan.
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang di mengerti tentang percobaan tadi.
§  Guru menutup pertemuan hari ini dan diakhiri dengan salam.

 (±20 menit)

G.   SUMBER BELAJAR
1.       Sumber :
a.       Buku IPA kelas VII
b.      Bahan ajar Powerpoint

2.       Alat dan Bahan
o   Mistar (penggaris)
o   Jangka sorong
o   Mikrometersekrup
o   Gelas ukur
o   Kunci
o   Kawat


H.   PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
·         Teknik
No
Penilaian terhadap
kognitif
Afektif
Psikomotorik
1
Kelompok
Lisan
Pengamatan
pengamatan
2
Individu
tertulis
Pengamatan
pengamatan

·         Bentuk
No
Penilaian terhadap
kognitif
Afektif
Psikomotorik
1
Kelompok
Pertanyaan
Pengamatan
pengamatan
2
Individu
Pertanyaaan
Pengamatan
pengamatan

·         Instrumen (Tesdan Non tes)
-       Kelompok (lisan)
         Guru menyuruh perwakilan dari setiap kelompok memberikan kesimpulan dari praktikum yang sudah dilakukan.
ü  Afektif
No
Penilaian
nilai
A
B
C
1
Tertib



2
Jujur



3
Disiplin



4
Bersih



5
Ketelitian






ü  Psikomotorik
No
Penilaian
nilai
A
B
C
1
Kemampuan menggunakan alat



2
Kehati-hatian menggunakan alat




                                                                                  
                                                                          Palembang,  22 November 2013
                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


                                                                                   Arsela Komaralita
                                                                                   NIM. 06111011012



2 komentar:

  1. Sands Casino & Resort in Atlantic City, New Jersey, US
    As soon as you land on the site, you'll immediately be in the action. This casino, which 샌즈카지노 was located off the Mystic River 메리트카지노 in Atlantic City, 메리트카지노총판

    BalasHapus
  2. The Wizard of Odds Casino Site - LuckyClub
    If you've already noticed, here is a list of the best online casinos that have slots and other games. Play online luckyclub.live slots for free and

    BalasHapus